Posted by: hmm | June 13, 2007

DANAU MATANO,

Danau Matano memang berbeda dibanding danau lain. Area danau yang luasnya mencapai 130 kilometer persegi ini sangat menawan dan unik. Belum lagi kedalamannya yang mencapai 594 meter, menobatkan

matano3(Photo by SPS)

Matano sebagai salah satu danau terdalam di dunia. Tidak mengherankan jika beberapa ilmuwan mengusulkan agar danau ini menjadi world heritage.

mata air danau matano (Mata air Danau Matano yang sangat jernih)

 Di Danau Matano juga terdapat berbagai jenis flora dan fauna endemik yang masih terjaga dengan baik. Flora dan fauna endemik adalah mahluk hidup yang hanya ditemui di suatu tempat dan tidak ditemukan di tempat yang lain. Penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkap bahwa ekosistem danau ini tidak mengalami perubahan yang signifikan sejak 1930 hingga sekarang.  Mata Air Danau Matano Dalam bahasa setempat, Matano berarti matanya (sumbernya) air. Masyarakat memercayai bahwa mata air Danau Matano berasal dari Desa Matano. Oleh warga, sumber mata air tersebut telah dibuatkan tembok persegi sehingga menjadi kolam berukuran 8 x 12 meter. Gelembung-gelembung air yang tak henti bermunculan di atas permukaan kolam air, tampak seperti kehidupan yang lahir dari dalam bumi. Masyarakat pun memanfaatkan air bersih dari kolam itu untuk diminum.   

Gugusan Pulau di Danau Matano

Hal lain yang menarik dari Danau Matano adalah pulau-pulau yang terdapat di dalamnya. Di pesisir tenggara, tepatnya di daerah Otuno dan Soluro terdapat beberapa pulau seperti Nuha Langkai (Nuha artinya pulau dan Langkai artinya besar; Pulau Besar) dan Nuha Le (Pulau Alang-alang).

Di pesisir barat laut, dekat perkebunan warga yang dinamakan Bure’, terdapat 4 (empat) pulau kecil lainnya, yang disebut oleh beberapa warga sebagai Pulau-pulau Kucing. Pulau-pulau kecil itu tampak seperti taman mini di atas air. Indah dan menawan. Air danau yang bening membuat orang dapat melihat barisan karang berwarna krem dan putih di dalam air. Pengunjung yang lewat di gugusan pulau ini biasanya tak tahan bila tidak menceburkan diri untuk berenang atau sekadar bermain di seputar pulau.

Gua Bawah Air

Gua bawah air adalah salah satu objek paling eksotik di Danau Matano. Di sebuah dinding batu besar, tepat di tepi danau, terdapat lubang besar yang hanya bisa dimasuki dengan berenang. Mulut gua itu tidak besar. Tapi masuk ke dalam ruangan gua, bagaikan masuk ke dunia yang lain. Ruang yang lapang di atas air, ditambah cahaya yang menerobos dari celah kecil di atas gua, memberi kesan yang sangat nyaman bagi mereka yang berani mencobanya.

Di depan mulut gua, terdapat sebuah karang besar di bawah air yang berdiri kokoh bagaikan benteng pelindung bagi gua tersebut. Kesan natural di area gua ini dipertegas lagi oleh juluran akar dan dedaunan pohon yang tumbuh di tepian pantai. Itulah sebabnya, banyak pengunjung Danau Matano menyatakan bahwa bila belum menyaksikan gua bawah air ini, berarti belum benar-benar sampai ke Danau Matano.

 

matano2(Photo by SPS)

Kali Dingin

Kali Dingin, atau sungai yang dingin, merupakan salah satu sungai pegunungan yang alirannya bermuara ke Danau Matano. Keindahan Kali Dingin ini terletak pada airnya yang dingin dan bentuk sungainya yang masih natural. Sungai ini terletak di pesisir utara danau. Tumbuhan unik, semacam kantung semar, dan pohon-pohon besar tumbuh di sepanjang tepian sungai. Singgah sejenak di sungai kecil ini, untuk berenang atau sekadar makan siang akan sangat menyejukkan.

Pantai Kupu-Kupu dan Pantai Salonsa

Kedua pantai ini adalah tempat warga biasa berenang dan bersantai bersama keluarga. Disebut Pantai Kupu-Kupu karena banyaknya kupu-kupu yang berterbangan di sini. Pantai Salonsa terletak di dekatnya, yaitu di kawasan perumahan karyawan PT Inco di wilayah Salonsa. Pantai ini terlihat indah dengan pasir bersih dan pohon-pohon Dengen, pohon lokal yang buahnya berwarna kuning seperti jeruk atau salak, di tepiannya. Pada hari-hari libur, pantai ini biasanya dikunjungi oleh warga sekitar atau pendatang dari tempat lain.

 matano1(Photo by SPS)

Pantai Ide

Ini adalah pantai di Danau Matano yang paling banyak pengunjungnya. Dilengkapi dengan dermaga yang menjorok ke danau sepanjang hampir 100 meter, pantai ini memungkinkan pengunjung untuk berenang dengan jarak yang bisa diukur dan aman. Dermaga yang dibuat bercabang-cabang membuat pengunjung dapat memilih di mana ia akan berenang, sesuai kedalaman yang dibutuhkannya. Bisa juga hanya untuk sekadar berjalan-jalan santai tepat di atas permukaan air.

Di pantai ini, pada hari-hari dan event tertentu, seperti hari kemerdekaan misalnya, diselenggarakan berbagai aktivitas budaya dan olahraga tradisional. Di antaranya adalah kegiatan tradisional Meopudi, yaitu menangkap ikan Opudi, lomba renang rakyat atau lomba dayung perahu tradisional.

 

 

Yatch Club

Yatch Club adalah sebuah dermaga kecil tempat pengunjung mengakses angkutan air seperti raft dan speed boat. Di tempat ini, disediakan pula kano yang bisa dipakai mengitari pesisir pantai sambil berolahraga. Di Yatch Club, pengunjung dapat menyewa speed boat bermuatan 7 orang, untuk mengitari danau selama sehari penuh dengan biaya hingga Rp.1,6 juta. Selain itu di sini juga bisa pengunjung biasanya memulai kegiatan olahraga air lain seperti selancar angin (sailing) dan menyelam (diving).

 Dengan berbagai keindahan dan keunikan ini, kelestarian Danau Matano merupakan aset yang perlu terus dijaga. Ini merupakan tanggung jawab semua pihak, baik masyarakat, pemerintah dan PT Inco. Untuk itu,  Dr. Arif S. Siregar, Presiden dan CEO PT Inco, pada suatu kesempatan mengatakan, “Kami selalu mendukung penuh upaya-upaya konservasi yang dilakukan untuk melestarikan danau ini, juga kedua danau yang lain.”  Semoga Sorowako dan Danau Matano tetap indah, sekarang, besok dan hingga kemudian hari.

indrama-07.jpg(Photo by SPS)

 (dikutip dari   majalah   “INCOMUNIKASI” PT INCO)

About these ads

Responses

  1. wah sudah lama gak ke sana… gimana yag kota ini skrg.. :)

  2. @ arul
    ya seperti kebanyakan daerah tambang di indonesia,orang-orang pada berdatangan mencari “sesuap nasi”di kota nikel ini.Rumah-rumah kost pada merebak.Klo dibandingkan 5 tahun lalu sorowako sepi tapi sekarang wahhhh…(tambah sepi eh tambah rame),toko-toko,pasar dll makin rame aja.
    btw pernah ke sini ya?kpn

  3. Indah banget pemandangan disana… berharap suatu hari kelak bisa menginjakan kaki di tempat yang indah itu…( Semoga )

  4. pas saya SD, wah kapan yah….. SD kelas berapa juga lupa…. kayaknya kelas 1-4.. tahun 1992-1994an gitu….
    dulu tinggal di salah satu org INCO juga… tapi indo koq.. hehehe

  5. my lovely town….

    my sorowako….

    keep cool, keep pretty, keep clean…. GBU

  6. ada project thiess jd di sana ya… inco project kapan2 boleh dunk ke sana…

  7. wahh….lumayan baguz jg…..
    btw…..sorowako tuW dmn c??
    lam kenaL jg…

    • DI perbatasan Sulawesi selatan dan sulawesi tengah..

  8. sudah lama tak ke sana, mudah-mudahan ekologi di sana selalu terjaga agar alam tetap bersahabat dengan warga,

  9. sorowako I miss you

  10. depphy klu km mau tau sorowako itu dimana buka aja peta sulawesi,trus liat peta sul-sel bagian ujung yang berbatasan dengan sul-teng.nah disitulah sorowako berada

  11. @ardias bara
    emagnya sekatang ada dimana??klo dari namanya seperti nama guru agama saya…?
    @wida
    Emangnya orang sorowako juga ya?di srk dimana??

  12. Okaoros i lov you. Lama n’da pulang,gimana keadaanmu kini.

  13. ya,memang saya akui Danau Matano memang bagus juga indah..

  14. sorowako tambang duit pemerintah

  15. @ Ardias Bara :
    Guru agama Islam yah di SMU YPS….keknya mirip
    ama nama guru gw waktu di SMU….

    @ hmm :
    ippank…..Gelo sia…!!

  16. Kotanya indah ya..Kpn2 lg sy berkunjung ke sana.sy sk mlhat pemandangan sorowako pada malam hari..Foto danau di daerah pontada jg bgs..Skl2 muatin picturenya danau di daerah pontada ya..Sy g th pasti nama danau apa ?

  17. Salam dari sy darwis asal Batusitanduk sekarang bekerja di Distamben Kab. KUKAR tlg bantuan gambar fisik nickel yg dtambang oleh PT. INCO, thanks

    • Darwis SD Lalong K

  18. iyo… bagus memang dano matano…
    kolam renangnya orang sorowako, bersih, alami,
    gratis pula… di tmpat lain mana??? mungkin ada tapi nda sa tau, hehehe…
    So far,, sorowko masih the most beautiful town
    I’ve ever seen… Smoga tetap begitu sampai sy kembali
    ke sana nanti untuk menuntut kerja di INCO. amiiin…
    Om-om INCO, jangan buang limbah di dano ya…
    Dikatto ki sama orang Nuha tu!!!

  19. GREAT INFO… GEAT PICTURE… GREAT LOCATION…

    Salam hangat dari Bandung.

    Iseng2 search google karena kangen kota kelahiran, dan ketemu website ini. wow… lumayan deh mengobati rindu.

    Salam kenal bro/sis ‘hmm’. Please keep me in your contact list so i could see any update about the city.

    thx a lot.

  20. sOrOWaKO eMaNk tHe BEsT dCh..!!!!!

  21. Hayo.. jujur semua ko anak Soroako dimana pun kalian berada…. tempatnya kalian belajar berenang pertama kali pasti di Danau hahahha abis itu ambil buah dengen….
    Buat yang sekolah di SMU YPS n guru olahraganya Pak Anton… masih inget kan ujian berenang 10 kali bolak balik di tangga 3 [gemporrr cui… sakit semua badan besoknya] or disuruh ngapung tapi sambil kelelep [berapa liter ya air yg ketelen??]

    Wow… missed the old time….

  22. Wow…. Soroako.. Soroako… Soroako…10000x, wew, udh 9 thn sy tinggalin soroako! Kbr teman2ku di pontada gimana ya? Eh dulu aku tinggal di jalan sumba no 6 lho… Tp sekarang aku dan keluargaku pindah ke mataram krn ortuku kerja di newmont! Oh ya kabar TAB ( taman antar bangsa ) bgemana ya? Coz dulu sy sering bgt kesana! Oh ya buat sahabatku yg bernama irawan kurniawan nading kbr km bagemana sobat! Ada yg kenal gak sm saya? Namaku tri prasetio (tio) nama bokapku agus tri sayogo! Mudah2an tmn2 aku yg disoroako membaca postinganku! Dian lestari

  23. Wow…. Soroako.. Soroako… Soroako…10000x, wew, udh 9 thn sy tinggalin soroako! Kbr teman2ku di pontada gimana ya? Eh dulu aku tinggal di jalan sumba no 6 lho… Tp sekarang aku dan keluargaku pindah ke mataram krn ortuku kerja di newmont! Oh ya kabar TAB ( taman antar bangsa ) bgemana ya? Coz dulu sy sering bgt kesana! Oh ya buat sahabatku yg bernama irawan kurniawan nading kbr km bagemana sobat! Ada yg kenal gak sm saya? Namaku tri prasetio (tio) nama bokapku agus tri sayogo! Mudah2an tmn2 aku yg disoroako membaca postinganku! Ayu dian… Kykx knl deh….

  24. Bulan kmrin gwe k Soroako dan kbtlan ada krjaan di desa Matano,wkt sa naik perahu mnj dsa itu pmandgn btl2 mmnjakan mata dan air danau matano yg brwrna bru sgt elok dpndg mata..save our Matano lake,the next world heritage.

  25. temen gua blg danau nya indaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah bgt !!! soroakoooooooo im coming…………………………

  26. angel sayang…ntar kita main2 ke danau matano berenang sekalian eheheh nyari ikan butini

  27. Hmm, danau matano.. Memang seindah yang ada di foto itu.. bener banget.
    Jaman dulu g pernah diceburin ma bokap.. dan akhirnya semua kegiatan pasti di danau..
    Mulai dari kecil belajar berenang, trus olahraga renang juga ada. Klo hari minggu biasanya naik raft, speedboat, katinting ampe canoe. g pernah ma bokap naik canoe dari pantai raft2 menyeberang ke Desa nuha in 59 minutes berangkat jam 6 pagi. Airnya masih tenang. Terus menyusuri bibir pantai sampai ke Tanah Merah (ada nama aslinya yha? lupa).. makan siang dsana. Terus menyeberang ke Sumasang… panas banget, secara udah jam 12 siang gt…dan balik lagi ke Pantai Raft2… menyenangkan.
    G gag bakal lupa pengalaman ini.. sayang selama pergi, g gag pernah bwa kamera, jdi gag bisa dposting.
    Salam kenal buat penulis..

  28. matano,,,siapa yang minum airnya katanya bakal baliklagi ke sana,,,

    tunggu aku balik lagi deh kalo gt,,,,miss soroako a lot

  29. Danau matano membosankan

  30. Danau Matano….
    danau terindah yang gak pernah tertandingi. pesona alamnya gak pernah terlupakan.

    kangen sama kampung halaman, sayang gw mesti nuntut ilmu di negeri lain..
    jadinya cuma liat danau matano lewat gambar..

    tolong di update dong..

    thx

  31. danau matano elok nan menawan, kamu laksana gadis ayu yang menggoda perjaka untuk mengarungimu. tepap jaga keindahanmu

  32. danau matano elok nan menawan, kamu laksana gadis ayu yang menggoda perjaka untuk mengarungimu. tepap jaga keindahanmu and aku slalu merindumu meskipun aku dirantau

  33. Danau matano….

    Hmmm….denger namax aja…..kisah masa kecilku teringat lagi deh…Pengen bgt balik ke sana lg…tapi..kapan yah…:)

  34. Danau Matano memang sungguh indah. Ngomong2 bisa kasih tau nggak apa aja yang terkandung dalam danau Matano n apa aja yang udah dilakuin ama PT. Inco untuk melestarikan Danau Matano.

  35. aaaaaaaaaa………..
    bru bbrp bulan tdk kesorowako diriku sudah kangen…
    mw berenang diPantai Ide,
    mw nae katingting………hehehe,nd slh ji toch tlsan katingtingnya………..
    mw mkn coto makassar daeng Rimang….
    aaaaaaa…smua yang ada diSQR sa rindukan…….
    oiy,,,assalamu Alaikum bwt smuax,spesial bwt Ustd.Ardias Bara….terimakasih bwt ilmunya……
    alhamdulilllah bermanfaat………
    SoRowako Is the BEST

  36. saya mau tanya hotel didekat danau matano,, dan lokasinya tidak jauh dari gua bawah air..
    ??

  37. hmmm…. ternyata bener cerita temen ku si mispa..!!! orang asli sorowako, ternyata danau matano kelihatan begitu indah dari sini.. hahahahaha..!!
    salah buat danau matano…
    tunggu kedatangan ku ya ^_^

  38. foto2 matano bagus juga……..ya.

  39. Hore…! Ktx pontada sudah di buka ! Ayo kita berenang di pontada .

  40. 15 tahun ka’ hidup di soroako, itu danau matano dak pernah ada yang bisa tandingi keindahannya!!
    sekarang, mo mi ki’ lagi berpisah dengan tu danau!!
    sedihnya ini hati…..

  41. Aduuhhh … kangen banget sama Sorowako. Kapan ya bisa kesana lagi, ke danau matano lagi dan naik katinting lagi … makan buah dengen … eh dengeng …

  42. sorowako…… kepala desanya ganteng bgt jiii…..

  43. it’s my beautofull city, I want to come to here

  44. SOROWAKO….dulunya SOROAKO…ndak tau apa pentingnya huruf “W” itu..yang jelas, tempat ini jadi saksi bisu saat saya menimba ilmu mulai dari SD..SMP..sampai lulus SMU…banyak kenangan2 indah yang tak terlupakan, tapi kenangan2 yang sampe sekarang jadi mimpi buruk pun banyak cess…huahahha…mis so bad, mau pulaaaaaaang,,,hiks

  45. sorowako…. kangenku….. moka berenang di pantai ideee……. trus ambil dengen…… hehe…

    *btw, yg punya ni blog mana ya…. nda pernah lagi di update…….

  46. wwaWW…pante iDe dah direnovasII!!

  47. danau matano dengan ikan butininya memang tiada duanya………kangen ka’ bah…..

  48. Gw kangen sama Danau Matano, tinggal di Sorowako selama 6 bulan, bagaikan 6 hari, 6 jam, 6 menit, 6 detik… Ngga kerasa.. It’s a beautiful place.. I want go back to Sorowako, but i have a problem, because i must a highest pay for trip to Sorowako.. hehe.. min 1,5jt from Jkt..

  49. Co aq krja d INCO,,aq sndiri d bndung..pngn tau tmpat krja co aq,,eh..malah liat pmandangan yg mnakjubkan..

    hwaaaa,,pngn ksana..mgkn ga suatu hri aq nginjek tanah sorowako,renang d matano,ato skedar jalan2 d dermaga pantai ide?

    hopely..(“,)v

  50. @Nina
    Co km kerja di INCO dept apa??
    Siapa tau sy kenal.. hehe..
    Oh ya, Bandungnya dimana??
    Sy juga di Bandung, di Ciumbuleuit..

  51. Danau yang Indah, kalah dech Situ Ciburuy di Padalarang mah. Dah lama ga kesana, masih ada air-kah ?

  52. @cornelius
    co aq dbagian konstruksi,,namanya rendra..knal ga?
    Aq bndungnya cwidey,,tp kul d UPI..

    dh lama d sorowako?

  53. @Nina
    Oh di konstruksi, bukan di PT INCO nya ya??
    Klo di konstruksi ngga kenal. Soalnya sy di HR PT INCO waktu itu.
    Astaga, dari Ciwidey ke UPI.. Eh UPI mana nih? Setiabudhi?
    Di Sorowako waktu itu cuma 6 bulan, tapi 6 bulan kerasanya bagai 6 hari. Enak pisan disana teh.. Pengen lagi kesana.. Tapi ngga tau kapan, mahal sih..

    @Asep
    Air disana mah melimpah, bahkan air produksi lokal (klo Bandung kan Air ganesha), klo di Sorowako namanya Matano, ada kemasan gelas n botol (mirip Aqua), cuma ngga ada galon..

  54. @cornellius
    co aq d inco,tp d dpartement kntruksi gtu..
    Hehe,yg ngga dunk..gempor aq klo dr cwdy k UPI PP tiap hr..aq kost mas..
    Skrg krja dmana?
    Owh iy,salam knal aj..

  55. @Nina
    Oh kos.. Dikira PP Ciwidey Setiabudhi.. Hehe..
    Yup, salam kenal juga..
    Sekarang aq lanjutin skripsi, trus baru keterima kerja di AIA jd Unit Manager..
    o ya, klo mau info ttg Sorowako buat siapa aja yg mau email aja yah ke : lieyus_gondronk@yahoo.com

  56. Subhanallah….
    emang indah bener ini danau, sedalam mata memandang bening bener airnya….kenangan gw pas research utk skripsi S1 ama team LIPI Bogor sekitar apr th 2003 an… bener2 unforgetable…

  57. Org sitandukka’ jg tp blm pernah ka’ kesana. Cape ki’ ba!..

  58. i love danau matano…i love sorowako
    kota kelahiran q

    bulan 2 th 09 kmrn q ksn jln2..
    benar indah danau matano…pa lgi skarang sudah direnovasi,makin kren boo..

  59. Luv U Soroako…Saking cintax,jdl skripsiku ttg promosi pariwisata di soroako..hhahaha

  60. @Hhm:thx bwt infox,ni ckp ngebantu skripsi q..
    @tyo:check di fb Irawan D’alfa Nading (ni fbx irawan)…(^_^)

  61. gila, kangen bgt sama nih danau. udah hampir 18 tahun gw tinggalin. tempat pertama kali belajar berenang. tapi sayang harus ikut keluarga pindah ke jakarta :(:(

    kapan2 gw harus kesana lagi, ternyata danaunya masih bersih

  62. Aduuuu….. Danau matano ko dr taon ke taon airnya makin berkurang…… Walaupun air danau matano tapi kau yg terindah diantara semua danau… God Luck…..

  63. keindahan alam yang ada di daau matano tidak terlepas dari peranan masyarakat sekitar yang ikut menjaga dan melestarikan lingkungan, keragaman jenis flora dan fauna memberikan nilai keindahan tersendiri di danau itu,……semoga kelestarian ini bisa dijaga dan dipertahankan,..//good by

  64. apakah pulau-pulau yg ada di danau matano itu ada listrik or tower salah satu operator?

  65. mantab brooo……like a paradise town …..kalau malam liat sleg

  66. SOROWAKO………..kota BHINEKA TUNGGAL IKA….

  67. wawwww….thats lake is very-very cool and beautifull
    I LOVE MATANO LAKE!!

  68. Danau Matano, sangat indah, sangat bersih airnya. Sayangnya Danau Matano jauh dari makassar kurang lebih 12 jam klo ditempuh lewat darat. saya senang bekerja di PT International Nickel Indonesia, karena bisa melihat lebih sering danau matano.

  69. soroako yg diubah ejaannya menjadi sorowako,, tidak konsisten terhadap pemberian nm suatu tempat. bkn krna pola pendidikan masyarakat yg semakin maju. tetapi pengertian dr arti nm itu sendiri. seperti anri dan andri..

  70. soroako kota nikelNya indonesia tapi apakah ini akan bertahan sampai 10 sampai 20 tahun kedapanNya. Ramai untuk 10 tahunkedepan tapi apakah setelah habis Nikelnya semuanya masih sama dengan yang sekarang ini. Soroako hanaya akan jadi kota mati ……….., bayangkan itu ketika kota Mu manjadi demikian.

  71. bagus ya…. punya info atau foto2 ttg gua di danau matano? thanks.. ^^

  72. sebuah harapan indah dimasa mendatang. ketiga itu berdiri ditepi danau matano munculah sebuah inspirasi baru terbit bersama indahnya panorama alam. sehingga seketika memuji kebezaran ilahi. bahwa Dia adalah Maha dari segalanNya

  73. indah bange’t ych ingin deh pulang kekmpung hlamn udh lm ne nggk pulang. . .’ ‘ ‘

  74. Kenangan masa kecil di Sorowako ga bisa dilupakan. Senangnya kalo sabtu sore mandi2 di d. Matano depan rumah. Atau pas pelajaran olahraganya berenang di d. Matano. Miss that moment.

  75. hm,hm…. jadi pengen kembali ke soroako,,, sekalian berenang di danau matano…,, semoga danau matano belum tercemar,,,,

    ngomong2 masih dingin ya airnya…????

  76. Danau Matano!!rindu berenang di sana..dulu pas masih di sana saya tahunya Danau Matano cuma tempat berenang..pas sudah ndak di sana saya baru tahu kalau Danau Matano itu bukan danau biasa..haha!! *maaf agak berlebihan*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: